fbpx
Beranda » INFO OTOMOTIF » YUK KENALI ISTILAH PERMESINAN DUNIAWI INI BIAR MAKIN KECE

YUK KENALI ISTILAH PERMESINAN DUNIAWI INI BIAR MAKIN KECE

Diposting pada 3 September 2021 oleh admin | Dilihat: 20 kali | Kategori:

Buat kamu yang ngaku anak motor pasti tau dong sama isitilah-istilah dunia permesinan. Tapi lain halnya sama orang yang baru terjun di dunia permotoran atau bahkan buat orang awam. Nah makanya kali ini kami bakalan sharing-sharing seputar istilah permesinan yang wajib kamu ketahui.

  1. BORE UP

    Bore up artinya mengganti piston dengan piston berdiameter lebih besar. Pabrikan motor juga banyak yang menyediakan piston pengganti ori dengan ukuran lebih besar, istilahnya Piston Oversize (OS). Tapi biasanya hanya lebih besar sedikit saja dari standarnya, misal naik 0,5mm (OS50) sampai 3mm (OS300). Bore up bertujuan untuk meningkatkan performa di ruang bakar, sehingga mesin akan lebih bertenaga dan lari lebih kencang. Contoh bore up adalah ketika mesin kendaraan mengeluarkan asap putih atau hitam, lalu seher atau piston dan dinding silindernya diganti dengan yang lebih besar agar mesin tidak mengeluarkan asap yang berwarna.

    Sesuai dengan namanya, pengerjaan bore up adalah dengan memperbesar diameter ruang silinder atau ruang bakar agar nantinya dapat dimasuki seher atau piston yang ukurannya lebih besar. Yang perlu diperhatikan dalam melakukan bore up adalah kapasitas motor , liner (boring dalam bahasa bengkel) yang tebal , pelumas yang mampu mengalir dengan baik dan dingin dan tentunya pemasangan yang rapi.

  2. STROKE UP

    Stroke Up artinya menaikan langkah piston atau memperpanjang langkah piston untuk meningkat kapasitas mesin agar performa meningkat. Dilakukan dengan merubah posisi poros piston di kruk as (Big End) supaya jarak naik turun piston (TMA ke TMB) jadi lebih jauh. TMB nya lebih turun, TMA nya lebih tinggi. Sekedar mengganti stang piston (con rod) dengan stang lebih panjang tak akan merubah stroke selama poros bigend tak berubah. Ada dua cara alternatif yang ditempuh untuk stroke up:
    a. Dengan menggeser Big End standar lebih dekat ke tepi daun kruk as (las geser manual).
    b. Dengan mengganti Big End standar dengan Pen stroker aftermarket. Tune up

  3. TUNE UP
    Tune up artinya mengembalikan kondisi mesin ke performa standar, supaya performa mesin juga tetap bisa terjaga optimal. Pengerjaan tune up adalah melakukan penyetelan pada mesin agar performa mesin bisa ada di puncak atau mengembalikan performa seperti pertama dari dealer (maksudnya adalah suara halus, minim getaran, akselerasi mantap dan lain-lain).
    Tujuan tune up adalah untuk menyetelkan kembali atau melakukan kalibrasi pada tiap komponen mesin agar bisa bekerja dengan baik.Kalau artikel ini bermanfaat jangan lupa like, komen dan share ke teman-teman kamu ya! Bisa juga langsung kunjungi marketplace atau sosial media kami di instagram @crmotorid atau @crmotor.id.

 

Salam Hangat,

CR MOTOR

*tulisan diambil dari berbagai sumber

 

Bagikan

YUK KENALI ISTILAH PERMESINAN DUNIAWI INI BIAR MAKIN KECE | CR MOTOR

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat CR MOTOR

Jl. Rejowinangun Utara, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos : 56127

Hubungi Kami:

Sms / Whatshapp / Call : 081575877796

Social Media : @crmotor.id

Email : crmotorii@gmail.com

 

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja