fbpx
Beranda » INFO OTOMOTIF » Udah Tau Teknik Engine Brake di Motor Matic?

Udah Tau Teknik Engine Brake di Motor Matic?

Diposting pada 3 Desember 2021 oleh admin | Dilihat: 93 kali | Kategori:

Pengguna sepeda motor matik di Indonesia semakin meningkat. Bahkan pada penelitian di akhir tahun 2020 lalu diperkirakan penjualan motor di jenis ini mencapai 87% dari total penjualan keseluruhan motor yang mencapai 6,48 juta unit. Hal ini dikarenakan motor matic cukup mudah dikendarai dibanding motor bebek ataupun motor sport yang perlu gonta-ganti gigi, motor matik dapat melaju di jalanan dengan hanya bermodal tuas gas dan tuas rem.

Pengereman motor matik diletakan pada bagian kanan dan kiri stang kemudi. Nah kemudahan ini membuat fungsi engine brake yang dapat membantu pengereman kendaraan menjadi tak maksimal. Engine brake atau mengurangi kecepatan kendaraan dengan menggunakan hambatan putaran mesin, biasanya dilakukan pada kendaraan yang menggunakan transmisi manual. Baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua. Meski begitu, bukan berarti kendaraan dengan transmisi otomatis tidak bisa menggunakan teknik tersebut untuk menahan laju kendaraan.

Cara ini biasanya diperlukan untuk mengurangi penggunaan rem saat kendaraan melaju di jalanan menurun atau medan berbukit. Pasalnya, jika rem terlalu sering dipakai bisa menyebabkan terjadinya vapor lock atau adanya uap air pada sistem pengereman, akibatnya rem bisa los atau gagal fungsi. Begitu pula dengan kendaraan roda, jika terlalu sering menggunakan rem tangan maka bisa menyebabkan terjadi pemuaian sehingga rem menjadi tidak berfungsi.

Pengendara motor matik bisa menggunakan teknik engine brake untuk melakukan perlambatan. Pada motor matik sebenarnya harus dibantu rem, dan menutup gas, karena motor matik tidak ada persneling gigi manual-nya. Dengan mengurangi kecepatan atau menutup gas, maka secara otomatis motor matik akan melakukan engine brake. Khusus untuk jalan menurun, pengendara sebaiknya tak menutup gas secara penuh. Sebab laju kendaraan akan bergerak lebih cepat dibandingkan membuka tuas gas sedikit. Karena enutup penuh gas di kondisi jalan turun sampai benar-benar mentok akan terjadi loss (freewheel), jadi harus sedikit ditahan atau jangan sampai gas tersebut kosong.

Kalau artikel ini bermanfaat jangan lupa like, komen dan share ke teman-teman kamu ya! Bisa juga langsung kunjungi marketplace atau sosial media kami di instagram @crmotorid atau @crmotor.id.

 

Salam Hangat,

CR MOTOR

Bagikan

Udah Tau Teknik Engine Brake di Motor Matic? | CR MOTOR

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat CR MOTOR

Jl. Rejowinangun Utara, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos : 56127

Hubungi Kami:

Sms / Whatshapp / Call : 081575877796

Social Media : @crmotor.id

Email : crmotorii@gmail.com

 

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja