fbpx
Beranda » INFO OTOMOTIF » Trik Rem Mendadak Saat Mengendarai Motor Matic

Trik Rem Mendadak Saat Mengendarai Motor Matic

Diposting pada 13 April 2022 oleh admin | Dilihat: 42 kali | Kategori:

Sebagian pihak berpendapat, mengendarai motor matik jauh lebih mudah dibandingkan motor jenis lainnya. Sebab, selain tak perlu mengoper gigi, kendaraan tersebut juga menyajikan dua tuas rem di bagian tangan. Sehingga, semuanya terlihat lebih praktis, ringkas, dan sederhana. Meski demikian, dalam sejumlah kasus, sistem pengereman dua tangan terkadang membuat pengendara merasa tak nyaman. Mengingat, saat kondisi mendadak, sulit bagi seseorang mengenali mana rem depan dan mana rem belakang. Itulah mengapa, banyak kejadian motor matik ‘ngesot’ lantaran pengendara terlalu dalam menekan salah satu tuas rem. Lantas, bagaimana cara rem mendadak yang benar dan aman?

Tidak menarik rem terlalu kuat
Langkah pertama yang harus diingat ketika ingin melakukan rem mendadak saat berkendara menggunakan motor yakni dengan tidak menarik tuas rem terlalu keras. Soalnya kalau menarik tuas rem terlalu dalam, ban malah bisa terkunci, dan akhirnya menyebabkan motor tergelincir. Sebaiknya ‘memainkan’ tuas rem, yaitu dengan menarik-mengendurkannya bergantian secara intens.

Rem depan
Dalam kondisi darurat, dahulukan menggunakan rem depan. Namun tentu saja, tetap diikuti dengan pemakaian rem belakang. Jadi, proses pengereman bisa seimbang. Distribusi daya dipusatkan ke depan lalu ke belakang gunanya agar kerja rem depan tidak terlalu berat menahan beban kendaraan dan penumpang.

Motor dalam kondisi tegak dan lurus
Langkah aman berikutnya adalah dengan memastikan posisi motor tetap lurus saat hendak mengerem mendadak agar tetap aman dan tidak tergelincir. Selain itu, pastikan telapak tangan menggenggam stang dengan erat, supaya tidak tergelincir ke arah depan.

Engine brake
Engine break dikenal sebagai teknik mengurangi kecepatan motor menggunakan bantuan mesin. Hal ini memang disarankan untuk tidak sering dipakai. Namun, kamu bisa memanfaatkannya ketika harus melakukan pengereman mendadak. Caranya adalah dengan menarik tuas kopling dan melanjutkannya dengan menurunkan gigi ke gigi rendah.

Tidak panik
Apabila roda belakang terkunci, tetap tenang dan jangan panik. Jangan sampai Anda keburu panik dan malah langsung merilis tuas rem depan setelah rem mendadak. Selain objek di depan, saat pengereman mendadak juga perlu diwaspadai kendaraan dari arah belakang sehingga area itu juga wajib dipantau.

Kalau artikel ini bermanfaat jangan lupa like, komen dan share ke teman-teman kamu ya! Kunjungi juga marketplace atau sosial media kami di instagram @crmotorid atau @crmotor.id.

Salam Hangat,

CR MOTOR

Sumber referensi:

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20211004114729-389-703028/teknik-rem-mendadak-saat-naik-motor-matic

https://www.viva.co.id/otomotif/tips/1442591-biar-tak-ngesot-begini-cara-ngerem-aman-saat-naik-motor-matik

Bagikan

Trik Rem Mendadak Saat Mengendarai Motor Matic | CR MOTOR

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat CR MOTOR

Jl. Rejowinangun Utara, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos : 56127

Hubungi Kami:

Sms / Whatshapp / Call : 081575877796

Social Media : @crmotor.id

Email : crmotorii@gmail.com

 

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja