fbpx
Beranda » INFO OTOMOTIF » TIPS MERAWAT SEPEDA MOTOR SAAT MUSIM HUJAN

TIPS MERAWAT SEPEDA MOTOR SAAT MUSIM HUJAN

Diposting pada 21 November 2020 oleh admin | Dilihat: 170 kali | Kategori:

motor hujan

Memasuki bulan November di tahun 2020, Indonesia memasuki periode masa penghujan.

Kondisi hujan seharian penuh atau hingga berhari-hari, bahkan dibarengi dengan banjir. Melihat kondisi seperti ini, tentunya perawatan motor saat musim hujan kian penting agar kondisinya tetap prima kapanpun digunakan.

Seperti yang sudah banyak diketahui, sepeda motor kita tentu memerlukan perawatan rutin. Di musim hujan, air hujan mengandung kandungan asam sehingga kita perlu melakukan perawatan yang lebih dari biasanya.

Kandungan asam ini bisa merusak cat dan juga menimbulkan karat dibagian logam jika dibiarkan saja. Belum lagi, genangan banjir yang masuk ke bagian kolong sepeda motor juga dapat membawa dan mengendapkan material tanah, lumpur, ataupun pasir.

Saat musim hujan, kondisi jalan pun seringkali muncul lubang dan bergelombang. Kondisi ini selain mengganggu saat kita berkendara juga berpotensi membuat bagian kaki-kaki sepeda motor bermasalah.

Bila kita tidak fokus, bisa saja menerjang lubang dalam kecepatan tinggi yang membuat velg jadi penyok dan shockbracker patah akibat benturan.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips merawat sepeda motor saat musim hujan. Tips ini hanya sebuah anjuran untuk kalian yang bisa dilakukan dengan sederhana saat waktu luang.

Dengan perawatan rutin, kita bisa segera mengetahui jika ada masalah teknis di motor setelah kita ajak berkendara saat turun hujan. Jika menemukan sesuatu yang sulit untuk diatasi, lebih baik segera pergi ke bengkel terdekat.

  1. Cuci Motor Lebih Sering

Saat musim hujan tiba, mencuci motor adalah salah satu hal yang perlu kita lakukan lebih sering. Jangan selalu berpikir nanti juga kotor lagi, atau basah lagi.

Hal inilah yang membuat kita enggan atau malas untuk mencuci sepeda motor karena anggapan cuma boros air dan waktu buang saja.Mungkin anggapan itu akan hilang ketika kita kembali melihat apa kandungan berbahaya dalam air hujan itu.

Perlu kalian ketahui, air hujan memiliki kandungan zat asam yang bisa menyebabkan kerusakan pada cat bodi. Kandungan asam juga lama kelamaan dapat menyebabkan timbulnya karat pada material besi pada sepeda motor.

Untuk mencegah munculnya kerak atau bercak yang membuat karat, kita perlu biasakan mencuci sepeda motor sehabis pemakaian di tengah hujan. Bila kalian tidak punya banyak waktu, cukup bilas motor dengan air bersih setelah hujan-hujanan. Perawatan motor yang seperti ini terbilang mudah dilakukan dan tidak menyita banyak waktu kala musim hujan.

Segeralah siram seluruh bagian motor dengan air bersih untuk membilas sisa air hujan. Untuk mencuci motor bisa kita lakukan setiap akhir pekan sehingga kondisi motor selalu bersih sekalipun kita sibuk.

  1. Cek Sistem Pengereman

Saat kita berkendara, tak jarang bagian kampas rem terkena cipratan air dari genangan di jalan. Kombinasi antara air hujan yang mengandung asam dan serpihan tanah di genangan tentu bisa mengganggu sistem pengereman.

Untuk motor dengan rem cakram, perawatan yang harus Anda lakukan cukup mudah, yaitu dengan membersihkan komponen yang ada pada bagian rem cakram. Komponen rem yang paling sering terkena kotoran dan menempel padanya adalah pada bagian piringan cakram.

Pasalnya rem cakram bersifat terbuka dan dapat bersinggungan langsung ketika sepeda motor melewati genangan air yang cukup tinggi. Biasanya kotoran tadi tersangkut di permukaan kampas rem dan lantas menimbulkan bunyi saat kita mengerem. Normalnya tidak akan ada bunyi saat dilakukan pengereman.

Congkel kampas rem memakai obeng minus hingga terdapat celah diantara kampas dengan piringan cakram. Setelah itu, semprotkan air di sela-sela kampas tadi agar kotoran dan debu halus di permukaan kampas luntur, usahakan menggunakan air bertekanan untuk membuang pasir yang melekat.

Jangan lupa, setelah selesai mencuci motor ada baiknya untuk mengocok pedal rem (atau tuas rem pada sepeda motor matik) saat baru berkendara. Tujuannya agar kampas rem kering dan menghindari kampas rem menjadi keras saat digunakan. Sebab, kampas rem terbuat dari bahan asbes yang bila terkena air maka akan menggelembung dan mengeras pada saat sudah kering nantinya.

  1. Periksa dan Menambah Tekanan Ban

Masih bingung apa hubungannya menambah tekanan ban sepeda motor saat musim hujan ini? Tentu ini berkebalikan dengan hal yang jamak dilakukan selama ini dengan mengurangi tekanan ban untuk menambah traksi.

Saat hujan lebat, tentu penglihatan menjadi terbatas. Selain itu, kondisi jalanan seringkali muncul lubang dan gelombang akibat tergenang air. Dengan tekanan ban cukup dan sesuai rekomendasi pabrikan, kita mengurangi risiko efek benturan yang lebih besar ke permukan velg.

Periksalah tekanan ban dengan menekannya dengan jempol tangan, apakah tekanan udaranya masih layak atau perlu ditambah. Jika tekanan ban kurang, sebaiknya isi angin sesuai dengan tekanan semestinaya.

Apabila tekanan ban berkurang, menyebabkan permukaan telapak ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan lubang akan semakin banyak.

Efek benturan ke-velgpun lebih besar. Akibat lainnya adalah tarikan motor menjadi berat dan justru akan mempercepat ban motor menjadi tipis atau gundul.

  1. Cek Rantai Motor Lebih Sering Saat Musim Hujan

Untuk sepeda motor jenis bebek dan sport, distribusi tenaga ke roda belakang masih memakai rantai. Posisinya yang terbuka tentu sangat mudah terkena cipratan becek dan genangan atau air hujan. Hal ini dikarenakan air hujan yang mengandung asam, maka air tersebut dapat menimbulkan karat pada material besi.

Bila dibiarkan, kandungan asam dan lumpur halus akan memunculkan karat pada rantai motor. Tindakan pertama untuk mencegah rantai terkena air hujan, Anda bisa menutupnya dengan aksesoris yang bisa didapat di bengkel terdekat.

Selain itu, kalian bisa lebih rajin melumasi rantai memakai cairan khusus pelumas yang banyak dijual di toko sparepart motor. Pelumas tersebut juga berfungsi melindungi rantai dari karat terutama pada celah sempit.

  1. Cek Busi dan Kop Busi

Pada poin tips merawat sepeda motor saat musim hujan selanjutnya yaitu memeriksa bagian busi dan kop busi. Busi merupakan salah satu elemen vital dari sepeda motor, tanpanya sepeda motor Anda tidak akan dapat hidup.

Untuk itu, lakukan pengecekan terhadap busi sepeda motor Anda setelah mencuci motor. Saat ingin mengecek busi, memang posisinya ada yang mudah diraih ada juga yang sulit. Bahkan, kita kadang perlu membuka cover body karena posisinya yang tersembunyi.

Setelah menemukan letak businya, cabut kop atau karet penutup busi lalu kemudian tiup agar bersih dan air pada bagian busi hilang. Setelah itu, bersihkan bagian dalam kop busi dengan lap kering dan bersih untuk menghilangkan sisa uap air. Pasang kembali cangklong busi tersebut dan cover body seperti semula.

Demikian tadi beberapa tips merawat sepeda motor saat musim hujan. Ingat selalu bahwa sepeda motor Anda seperti halnya tunggangan utama. Merawat sepeda motor, seperti merawat langkah Anda yang memudahkan untuk aktivitas sehari-hari.

Sebagai penutup, satu lagi tips atau informasi yang tidak kalah penting buat kalian yang sepeda motornya sudah terlanjur mengalami kerusakan di bagian – bagian yang sudah disebutkan di atas seperti bagian pengereman, gear, bahkan bagian mesinan.

Langsung saja buka website kami www.crmotor.id demi kenyamanan kalian berkendara tanpa gangguan saat musim hujan. Kami menyediakan beragam varian produk dari berbagai jenis merk motor mulai dari yang baru sampai yang second original dengan kualitas yang istimewa.

Semoga bermanfaat ya..

Salam hangat, CR MOTOR…

Bagikan

TIPS MERAWAT SEPEDA MOTOR SAAT MUSIM HUJAN | CR MOTOR

Komentar (1)
  • rovaeTar

    На сайте https://serialexpress.ru предлагается огромный выбор сериалов разных жанров из разных мировых стран. В любое время можно использовать возможности сайта. В разделе новинок регулярно пополняются сериалы как для детей, так и для взрослых совершенно различных тематик. Любой представленный сериал заказать можно по частям либо выбрать по интересующим сезонам. Достаточно написать в комментариях о заказе, либо написать на один из указанных адресов электронной почты.

    Balas

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat CR MOTOR

Jl. Rejowinangun Utara, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos : 56127

Hubungi Kami:

Sms / Whatshapp / Call : 081575877796

Social Media : @crmotor.id

Email : crmotorii@gmail.com

 

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja