fbpx
Beranda » INFO OTOMOTIF » Terlalu Sering Bawa Beban Berlebih, ini Akibatnya!

Terlalu Sering Bawa Beban Berlebih, ini Akibatnya!

Diposting pada 26 Mei 2022 oleh admin | Dilihat: 58 kali | Kategori:

Saat ini motor matic menjadi salah satu jenis kendaraan yang paling memiliki banyak peminat. Selain karena menawarkan kemudahan dalam berkendara, motor matic juga kerap digadang-gadang sebagai motor yang lebih hemat bahan bakar. Tak heran jika kehadirannya pun kemudian memikat banyak kalangan masyarakat untuk memilikinya.

Sayangnya, di balik kemudahan yang ditawarkan tersebut, motor matic sebenarnya membutuhkan perawatan yang lebih rumit jika dibandingkan dengan motor bebek atau sport, lho. Pasalnya, jenis kendaraan yang satu ini bergerak dengan memanfaatkan transmisi otomatis dari CVT.

Apa itu CVT? CVT merupakan kependekan dari Continuously Variable Transmission, dimana komponen tersebut memiliki fungsi meneruskan putaran yang dihasilkan oleh mesin motor pada bagian roda ban sehingga motor dapat berjalan dan digunakan berkendara. Melihat fungsinya tersebut, jelas komponen ini memegang peran vital dalam operasional sebuah kendaraan.

Salah satu permasalahan yang paling sering dikeluhkan pemilik motor matic ialah CVT motor matic yang bergetar dan mengeluarkan bunyi berisik. Jika sudah seperti ini, maka jelas jika komponen pully CVT pada motor matic kesayangan kalian telah rusak dan membutuhkan penanganan secepatnya.

Kinerja mesin motor yang kurang maksimal juga bisa dipengaruhi oleh komponen pulley atau rumah roller yang bermasalah. Ini biasanya disebabkan ketika kamu terlalu sering membawa beban berlebih saat berkendara hingga membuat komponen pulley tergerus terlalu sering dan menyebabkannya cepat aus.

Jika pully sudah aus, biasanya saat berkendara akan merasakan rasa kurang nyaman di bagian pulley CVT seperti tersendat-sendat dan mengeluarkan bunyi kasar, langkah yang bisa kalian ambil ialah dengan mengganti pulley CVT. Yang paling penting saat mengganti pulley CVT usahakan untuk mengganti dengan yang kualitasnya sama dengan pulley bawaan motor matic kesayangan kalian. Jika kalian malas merawat CVT motor, maka siap-siap mengeluarkan kocek yang dalam hingga jutaan rupiah.

Kalau artikel ini bermanfaat jangan lupa like, komen dan share ke teman-teman kamu ya! Kunjungi juga marketplace atau sosial media kami di instagram @crmotorid atau @crmotor.id.

 

Salam Hangat,

CR MOTOR

 

Sumber referensi:

https://www.teknik-otomotif.co.id/penyebab-kerusakan-pada-sistem-pulley-cvt-motor/

https://oto.detik.com/tips-and-tricks/d-5338393/tanda-cvt-motor-mengalami-kerusakan

https://www.wahanahonda.com/blog/gejala-kerusakan-komponen-cvt-motor-matic

Bagikan

Terlalu Sering Bawa Beban Berlebih, ini Akibatnya! | CR MOTOR

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat CR MOTOR

Jl. Rejowinangun Utara, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos : 56127

Hubungi Kami:

Sms / Whatshapp / Call : 081575877796

Social Media : @crmotor.id

Email : crmotorii@gmail.com

 

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja