fbpx
Beranda » INFO OTOMOTIF » Stop Lamp Mati Belum Tentu Bohlam Mati, Cek Komponen Ini!

Stop Lamp Mati Belum Tentu Bohlam Mati, Cek Komponen Ini!

Diposting pada 19 Agustus 2022 oleh admin | Dilihat: 20 kali | Kategori:

Sebelum riding, bagian lampu-lampu seperti lampu depan dan belakang harus dipastikan berfungsi normal. Apalagi lampu belakang alias stoplamp, harus diperhatikan apakah lampu malam dan lampu remnya menyala atau tidak. Soalnya posisi lampu rem ada di belakang, jadi seringkali luput dari perhatian pengendara kalau ternyata lampunya mati. Karena kalau stoplamp enggak nyala, bisa membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Belum lagi kalau sampai kena tilang cuma gara-gara lampu belakang tidak ON. Ketika diketahui lampu belakang mati, jangan langsung menuduh bohlam. Perlu dicek kawat pada bohlam, kalau masih nyambung berarti ada komponen lain yang bermasalah.

Cek massa pada fitting lampu

Jika usia pakai fitting lampu sudah lama, pasti kabel massa itu getas dan mungkin putus di dalam. Atau bisa juga terjadi akibat pemakaian atau penggantian bohlam tidak sesuai yang dianjurkan. Misalnya memakai watt lebih besar, tentu ini akan menyebabkan fitting menjadi lebih panas dan meleleh. Sehingga, elemen pada fitting tidak akan bertemu dengan elemen di bohlam.

Urut kabel pastikan tidak ada sambungan

Jadi ada kabel yang putus atau ada sambungan pada kabel yang terkait dengan rem  belakang. Jika ada sambungan, perbaiki sambungan pada kabel tersebut. Jika ada kabel yang putus, lekas disambung kembali. Langkah ini membutuhkan ketelitian dan alat khusus, salah satunya multitester atau ohm meter.

Curigai kiprok

Penyebab umum seringnya lampu belakang mati adalah kiprok. Kiprok atau rectifier regulator berfungsi mengubah arus dan mengatur kelistrikan. Jika kiprok bermasalah, maka arus listrik menuju rem pun labil, sehingga bohlam menjadi rentan putus.

So, jika lampu belakang motormu sering mati, kamu harus mencurigai kiprok. Jika kamu tidak ingin pusing, kamu bisa menyerahkan masalah ini ke montir kepercayaanmu. Yang jelas, jangan biarkan lampu belakang motormu mati ya. Sebab itu akan sangat membahayakanmu.

Kalau artikel ini bermanfaat jangan lupa like, komen dan share ke teman-teman kamu ya! Kunjungi juga marketplace atau sosial media kami di instagram @crmotorid atau @crmotor.id.

 

Salam Hangat,

CR MOTOR

 

Sumber referensi:

https://www.motorplus-online.com/read/251235806/stoplamp-mati-belum-tentu-bohlamnya-putus-bisa-jadi-karena-hal-ini?page=all

https://www.idntimes.com/automotive/motorbike/dwi-agustiar/lampu-belakang-motor-sering-mati-curigai-bagian-ini?page=all

Bagikan

Stop Lamp Mati Belum Tentu Bohlam Mati, Cek Komponen Ini! | CR MOTOR

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat CR MOTOR

Jl. Rejowinangun Utara, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos : 56127

Hubungi Kami:

Sms / Whatshapp / Call : 081575877796

Social Media : @crmotor.id

Email : crmotorii@gmail.com

 

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja