fbpx
Beranda » INFO OTOMOTIF » RELASI SEBUAH KENDARAAN BERMOTOR DENGAN FASHION

RELASI SEBUAH KENDARAAN BERMOTOR DENGAN FASHION

Diposting pada 18 November 2020 oleh admin | Dilihat: 148 kali | Kategori:

style anak motor

Halo BroRide and SisRide ! Di tahun 2020 ini sudah berbulan – bulan kita mengalami masa yang penuh ketidakpastian efek status pandemi Covid19.

Tapi apapun itu sebagai orang – orang bermindset positif, saya yakin BroRide dan SisRide tidak menghabiskan waktu dengan banyak mengeluh, alih – alih dikalahkan oleh ketakutan sehingga menjadi tidak produktif. Buktinya BroRide dan SisRide di sini sedang membaca blog CR MOTOR yang selalu menghadirkan informasi yang menyenangkan dan bermanfaat tentunya.

Merupakan keputusan yang bijak jika kita menggunakan masa – masa seperti ini dengan banyak mengumpulkan informasi sebagai wawasan sekaligus bahan bakar untuk take off nantinya ketika situasi sudah membaik untuk kita semua.

Kali ini CRew akan membahas tentang hubungan erat antara kendaraan bermotor dengan fashion. Penasaran kan? Lanjut baca kuy..

Tidak banyak yang sadar bahwa kendaraan bermotor dalam konteks kita sekarang sepeda motor itu berhubungan sangat erat dengan fashion. Hal ini wajar sekali karena selama ini pandangan orang banyak yang tersita ditampilan pemotor di jalan yang kucel awut – awutan, penampilan anak – anak klub touring yang gahar, atau penampilan para teknisi di bengkel – bengkel yang selalu terlihat berlepotan oli.

Tidak terlihat bukan berarti tidak ada kan? Mari sejenak kita alihkan pandangan ke sisi lain dunia sepeda motor. Nanti BroRide dan SisRide akan menyetujui bahwa ternyata memang sepeda motor itu terkait sangat erat dengan fashion.

Pertama mari kita telaah dari definisi fashion itu sendiri. Fashion adalah sebuah ekspresi estetika yang populer pada waktu, masa, tempat tertentu dan dalam konteks tertentu. Ekspresi estetika ini berarti kreativitas bisa dalam hal bentuk dan warna tertentu yang bertujuan agar indah dipandang mata.

Dalam bahasa yang lebih awam fashion adalah gaya yang populer di suatu masa. Fashion selalu bisa mempengaruhi seluruh aspek kehidupan kita. Di level yang lebih tinggi fashion mempengaruhi warna cat rumah kita, suasana ruangan dan furniture.

Bahkan setiap hari kita tanpa sadar terjebak harus membuat keputusan apa yan akan kita pakai untuk pergi bekerja, yang mana yang harus dipakai saat kita akan menghadiri sebuah pesta, dan bahkan menjelang tidur untuk istirahat pun beberapa di antara kita memiliki piyama dengan model yang sedang up to date.

Fashion adalah apa yang kita pakai dan tampilan dan impresi apa yang ingin kita tampilkan saat menggunakannya.  Nah, definisi sederhana tentang fashion tersebut tentunya BroRide dan SisRide sudah langsung mengangguk – angguk menemukan garis merah bertemunya sepeda motor dan fashion.

Rider sejati pasti tahu sejarah ditemukannya sepeda motor di tahun 1885 oleh Gottlieb Damlier dan rekannya Wilhelm Mayback. Motor pertama itu diberi nama Reitwagen yang diambil dari bahasa Jerman yang berarti Tunggangan.

Sesuai namanya, sepeda motor awalnya ditemukan (dibuat) sebagai tunggangan alias murni sebagai alat transportasi. Rangka minimalis berbahan kayu dengan mesin di bagian tengahnya. Namun pada perkembangannya fungsi sepeda motor semakin kompleks.

Keindahan tampilan pun mendapatkan perhatian lebih banyak. Sepeda motor mulai tidak hanya dinilai sebagai tunggangan tetapi juga melengkapi kesempurnaan tampilan yang paripurna untuk mendefinisikan seseorang. Bahkan faktanya seringkali peningkatan pendapatan seseorang pun dipresentasikan dengan berubahnya pilihan tunggangan.

Tidak hanya para insinyur teknik, para designer fashion pun mulai dilibatkan dalam pembuatan sepeda motor. Pada sekitar tahun 1930 – 1960an kreativitas dalam mendesain sepeda motor dan bahkan mobil sedang sangat bergairah.

Di tahun 1950an bahkan bagian roda sepeda motor tampil dengan rim besar bewarna terang seperti krom dan putih. Hal ini selaras dengan fasion yang sedang hype saat itu yaitu saat orang – orang bergaya white baby socks.

Fenomena ini berdampingan dengan tren mobil Cadilac dengan ban berarsir warna putih. Pada tahun – tahun itu terjadilah revolusi besar desain tampilan kuda – kuda mesin tersebut.

Dengan perkembangan fungsi motor tersebut dengan tidak hanya menjadi alat transportasi semata, sebuah motor semakin berperan mendekorasi karakter pemiliknya. Tampilan motor seseorang menunjukkan seleranya dan memancarkan karakter unik pemiliknya.

Misalnya tampilan motor yang besar nan mewah (High End) memancarkan kekuasaan dan gaya hidup yang glamor. Tampilan motor yang penuh warna menggambarkan sang pemilik yang trendy. Bentuk motor yang ramping menegaskan bahwa sang pemilik orang gesit dan fleksibel.

Contoh praktisnya dalam keseharian kita di antaranya adalah pengguna motor gedhe (moge) diasosiasikan sebagai orang dengan tingkat ekonomi menengah ke atas dengan style High End. Orang yang menunggangi motor sports adalah orang yang berjiwa muda dengan style sporty.

Sedangkan pengguna motor bebek matic adalah orang – orang dengan kebutuhan mobilitas tinggi berstyle casual. Tentunya masih banyak contoh lagi yang bisa BroRide dan SisRide temukan di sekitar kalian.

BroRide dan SisRide, kini batas antara industri motor dan fashion semakin tidak jelas. Kedua industri berbagi emosi, berbagi kreasi, dan tentunya berbagi kue dari besarnya jumlah pengguna. Industri fashion tidak pernah melepaskan pengaruhnya kepada industri motor kontemporer.

Dari dunia desain motor, fusi ini mengilhami pergantian warna bodi dan spareparts motor. Sedangkan di dunia teknisnya dinamika fashion sangat mempengaruhi berkembangnya industri variasi dan modifikasi.

Selalu ada sentuhan baru terhadap motor – motor yang sudah ada. Pegas – pegas shockbreaker yang awalnya hanya berfungsi sebagai peredam hentakan bisa menjelma menjadi pegas warna warni bahkan dengan sentuhan akhir yang berbeda – beda.

Sedangkan industri otomotif dengan banyaknya karakter rider yang ditawarkan mengilhami industri fashion untuk menjawab permintaan perlengkapan berkendaranya. Seperti yang kita ketahui bersama, safety riding menuntut perlengkapan yang mumpuni. Helem sebagai pelindung kepala berdasarkan fungsi utama tetapi menjadi ratusan model dan ratusan kombinasi warna setelah bersentuhan dengan nilai – nilai fashion.

Jaket berkendara yang fungsi utamanya melindungi pengendara dari terpaan angin menjadi sekian model (jaket, hoodie, blazer, dan sebagainya) dengan variasi bahannya yang memukau seperti kaos, wool, parachut, bahkan dari kulit asli yang mengkilat yang katanya bisa membuat pemakainya jadi lebih berwibawa seratus kali lipat dari sebelumnya.

Belum lagi jika kita membahas variasi sepatu berkendara dan kaos tangan, tak ada habis – habisnya update yang terjadi di sana. Belum lagi masih dibagi sesuai gender pengguna. Belum lagi disesuaikan dengan selera pengguna yang menginginkan impresi tertentu, ingin terlihat imut kah? Independen kah? Manis kah?

Sampai di sini sudah jelas kan hubungan erat antara industri otomotif dan fashion. Tujuan utama fashion adalah menarik perhatian dan menjadikan sesuatu indah dipandang. Sisi fashion ini juga yang paling cepat berkembang dari sekian banyak segmen yang dipertimbangkan di industri otomotif.

BroRide dan SisRide, pilihan motor kalian adalah representasi dari karakter dan style kalian juga lho.. Jadi jangan lupa sempurnakan tampilan kalian dengan motor yang berperforma keren. Jika ada kendala dengan motor kalian, segera konsultasikan ke mekanik kepercayaan kalian ya! Dan dapatkan spareparts berkualitas dengan banyak alternatif hanya di CR MOTOR.

Semoga bermanfaat ya..

Salam hangat, CR MOTOR…

Bagikan

RELASI SEBUAH KENDARAAN BERMOTOR DENGAN FASHION | CR MOTOR

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat CR MOTOR

Jl. Rejowinangun Utara, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos : 56127

Hubungi Kami:

Sms / Whatshapp / Call : 081575877796

Social Media : @crmotor.id

Email : crmotorii@gmail.com

 

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja