fbpx
Beranda » INFO OTOMOTIF » PAKAI PERTALITE ATAU PERTAMAX UNTUK MOTOR HARIANMU?

PAKAI PERTALITE ATAU PERTAMAX UNTUK MOTOR HARIANMU?

Diposting pada 25 November 2020 oleh admin | Dilihat: 230 kali | Kategori:

pom bensin

Beberapa dekade yang lalu, kebanyakan kita hanya mengenal dua jenis bahan bakar yaitu bahan bakar bensin dan solar. Seiring perkembangan, sekarang kita mengenal berbagai jenis bahan bakar seperti Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertadex, dan lain sebagainya.

Pasti kalian pernah bertanya berfikir perbedaan dan kegunaan dari jenis bahan bakar tersebut atau yang lebih umum dalam pikiran kita biasanya kalau beli yang lebih mahal pasti lebih bagus buat motor kita.

Tunggu dulu Sob, gak gitu konsepnya.

Pernah gak kalian tau kalau ada Premium (RON 88), Pertalite (RON 90), Pertamax (RON 92), Pertamax-plus (RON 95). Terus tahukah kalian maksud dari RON 88, RON 90, RON 92,RON 95 ?

Terus fungsi dan pengaruhnya apa buat motor kita apa?

Jadi begini, RON atau nilai oktan yang merupakan singkatan dari Research Octane Number. Oktan berasal dari kata Oktana, yaitu senyawa utama dari bahan bakar tersebut. RON rupanya menunjukan kemampuan bahan bakar dibawah tekanan tinggi, makin tinggi angka RON, berarti bahan bakar semakin tidak mudah terbakar hanya karena tekanan.

Jadi singkatnya nilai angka RON atau oktan yang lebih rendah, bahan bakar tersebut akan lebih mudah terbakar dari pada yang nilainya lebih tinggi.

Kalau kita perhatikan cara kerja mesin, pada saat piston naik dan mengkompresi campuran udara dan bahan bakar yang ada dalam ruang bakar mesin. Sementara disaat bahan bakar dengan nilai oktan rendah akan rentan lebih mudah terbakar bahkan sebelum kompresi mesin sampai titik mati atas dan busi belum memancarkan bunga api yang sering disebut ledakan prematur, sehingga ledakan dalam ruang bakar malah akan melawan arah gerakan piston.

Sedangkan pada bahan bakar dengan nilai oktan tinggi, bahan bakar akan tetap bertahan dibawah tekanan dan hanya akan terbakar dan meledak ketika busi memberikan percikan api. Oleh karena itu bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi, dan timing pembakaran yang lebih tepat, bisa membantu mesin mengeluarkan tenaga yang lebih besar serta maksimal

Tapi bukan berarti kita harus selalu pakai bahan bakar dengan nilai oktan tertinggi. Karena kita juga harus menyesuaikan bahan bakar kita dengan settingan kompresi di mesin kita.

Rasio kompresi mesin atau yang lebih familiar dengan sebutan kompresi adalah Volume ruang bakar pada saat piston brada di titik mati bawah (TMB) di bandingkan dengan Volume ruang bakar pada saat piston brada di titik mati atas (TMB).

Secara rumusan hitungan seperti berikut ini :

sistem oktan bensin

Volume area biru (TMB) di bandingkan dengan volume area merah (TMA), dari itu bisa di temukan rasio kompresi mesin.

Bisa di artikan mesin yang mempunyai rasio kompresi yang tinggi, artinya ledakan tenaga yang dihasilkan juga akan lebih besar, seperti halnya mesin-mesin motor balap kompresinya pastilah besar untuk menghasilkan performa yang tinggi. Lantas berapa kompresi motor yang kalian gunakan sehari-hari?

Tidak perlu repot-repot menghitung kompresi motor kalian secara manual, kalian hanya perlu Googling untuk mengetahuinya, sehingga kalian akan lebih tepat ketika memilih bahan bakar untuk motor kesayanganmu.

pencarian google

Dari contoh di atas bisa kita Tarik kesimpulan kalau kompresi dari Vario 125 Fi Esp adalah 11:1. Pemilihan bahan bakar yang tepat untuk motor Vario 125 Fi Esp ini lebih cocok menggunakan bahan bakar Pertamax. Di bandingkan bahan bakar premium dan pertalite.

Rasio kompresi mesin yang berbeda, perlu pakai jenis bbm yang berbeda juga

  1. Premium berwarna kuning, oktan 88 untuk rasio kompresi mesin 9:1
  2. Pertalite berwarna hijau, oktan 90 untuk rasio kompresi mesin 9:1 sampai 10:1
  3. Pertamax berwarna biru, oktan 92 untuk rasio kompresi mesin 10:1 sampai 11:1
  4. Pertamax Turbo berwarna merah, oktan 98 untuk rasio kompresi mesin 11:1 sampai 13:1
  5. Pertamax Racing oktan 100 untuk rasio kompresi mesin 13:1 ke atas

Kalau kompresi mesin kalian rendah, dan kalian menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi justru bahan bakar akan lebih susah terbakar. Pembakaran tidak akan maksimal akhirnya sisa bahan bakar akan mengalir kebawah ke tempat bak oli melalui celah piston dan terjadilah fuel dilution.

Hal ini meyebabkan oli menjadi encer karena tercampur bahan bakar, tentunya berbahaya dan memperpendek umur mesin kalian Sob. Jadi penting untuk kita mengetahui rasio kompresi mesin kita, sebelum memilih bahan bakar. RON atau Oktan tinggi tidak selalu yang terbaik untuk motor kita.

Selain dari rasio kompresi mesin hal lain yang perlu di perhatikan adalah timing pembakaran dari mesin motor kita. Karena perpaduan dari kedua hal ini yang dapat menghasilkan ledak mesin yang maksimal, serta optimal. Tentunya hal ini menjadikan performa dan tingkat keawetan mesin kita akan lebih baik.

Untuk mengetahuinya kalian bisa mencoba dua jenis bahan bakar yang berbeda untuk mesin motor kalian dan dites dengan dyno test dari hasil pengetesan ini baru akan ditemukan bahan bakar mana yang cocok untuk mesin motor kita.

Atau sederhananya bisa dirasakan dengan membandingkan performa motor kalian dalam penggunaan harian. Manakah yang lebih cocok,saat menggunkaan Pertalite atau Pertamax. Dari segi performa dan tingkat penggunaan bahan bakar.

Meski penggunaan metode ini hanya berprinsip pada feeling pengguna dan kurang akurat berbeda dengan alat dyno test yang memang bisa dilihat hasilnya secara akurat, akan tetapi ini dapat mengurangi resiko – resiko yang timbul untuk mesin motor kita.

Jadi bagaimana, kalian sudah bisa menentukan sendiri bukan, bahan bakar mana yang akan kalian gunakan untuk motor kesayanganmu?

Semoga bermanfaat ya..

Salam hangat, CR MOTOR…

Bagikan

PAKAI PERTALITE ATAU PERTAMAX UNTUK MOTOR HARIANMU? | CR MOTOR

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat CR MOTOR

Jl. Rejowinangun Utara, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos : 56127

Hubungi Kami:

Sms / Whatshapp / Call : 081575877796

Social Media : @crmotor.id

Email : crmotorii@gmail.com

 

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja