fbpx
Beranda » INFO OTOMOTIF » Mitos atau Fakta, Lampu LED Motor Tidak Tembus Kabut Hujan?

Mitos atau Fakta, Lampu LED Motor Tidak Tembus Kabut Hujan?

Diposting pada 10 November 2021 oleh admin | Dilihat: 120 kali | Kategori:

Lampu utama kendaraan baik mobil atau sepeda motor keluaran terbaru banyak yang telah menggunakan teknologi LED. Lampu jenis ini diklaim lebih hemat energi, LED kendaraan ini pun mampu memberikan penerangan visual yang lebih baik. Selain sudah jadi standar di motor baru dari pabrikan, lampu LED aftermarket kini juga banyak tersedia untuk alternatif pengganti buat motor yang masih pakai lampu jenis bohlam pijar.

Banyak yang menganggap kalau sinar lampu LED di motor enggak tembus saat kondisi hujan, mitos atau fakta?

Nah, menurut salah satu distributor lampu LED, kemampuan cahaya lampu menembus hujam tergantung dari kondisi atau spesifikasi lampu yang digunakan. Saat ini tren LED kendaraan dengan sinar putih cukup digemari. Lampu berteknologi HID ataupun LED yang dipergunakan oleh pabrikan biasanya memiliki skala 3.800-4.300 kelvin.  Namun demikian, bila digunakan saat musim hujan fungsinya tidak sebaik dibandingkan lampu standar yang berwarna kuning. Hal ini karena sifat cahaya putihnya yang mudah memantul sehingga tidak bisa menembus rintik air atau kabut.

Semakin tinggi Kelvin maka lampu akan memiliki intesitas yang tajam. Cahaya di bawah 5.000 Kelvin lampu akan menghasilkan warna kuning pijar sampai mendekati clear. Intensitas di atas 6.000 Kelvin maka hasilnya lampu akan berwarna putih. Sedangkan di atas 8.000 Kelvin lampu akan berwarna biru, dan di atas 10.000 Kelvin akan menghasilkan warna merah muda.

Asalkan temperatur cahaya lampu tepat, pastinya lampu LED pun bisa menembus cuaca hujan tanpa kendala. Terutama buat motor yang sudah pakai lampu LED sebagai standar, tentu pancaran cahaya yang dihasilkan sudah melalui riset oleh pabrikan agar aman digunakan di berbagai medan termasuk hujan. Bisa dibilang lampu LED tidak mampu tembus cuaca hujan kalau spesifikasi yang digunakan lebih dari 6.000 Kelvin.

Lalu, bagaimana cara menyiasati LED motor yang berwarna putih?

Kondisi alam Indonesia dengan curah hujan tinggi membutuhkan lampu yang dapat menyiasati kondisi seperti ini. Karakter cahaya yang bisa menembus hujan yaitu putih kekuningan atau kuning muda. Kita tidak harus memasang lampu kabut tambahan untuk membantu pancaran lampu putih. Modifikasi ringan bisa membuat cahaya lampu LED bisa menembus kabut atau hujan deras. Caranya dengan menempelkan stiker transparan kuning terang pada mika lampu pada saat musim hujan tiba.

Cara ini bisa dibilang murah meriah, harga atau biaya pemasangannya hanya puluhan ribu rupiah. Stiker ini bisa digunakan secara permanen atau sementara saat musim hujan saja. Lampu utama dengan stiker kuning banyak digunakan dalam balap ketahanan. Stiker kuning ini lantas membuat pancaran cahaya lampu menjadi kuning sehingga mampu memembus kabut atau rintik hujan.

Kalau artikel ini bermanfaat jangan lupa like, komen dan share ke teman-teman kamu ya! Bisa juga langsung kunjungi marketplace atau sosial media kami di instagram @crmotorid atau @crmotor.id.

 

Salam Hangat,

CR MOTOR

Bagikan

Mitos atau Fakta, Lampu LED Motor Tidak Tembus Kabut Hujan? | CR MOTOR

Komentar (1)
  • dakGrelm

    Покажут однако и возможно бесплатно. Она покажет в Esis мастурбацию. Коль вы захотели получить массу день страсти то проститутки на фрунзенской только воеже вас. [url=http://www.главбордель.рф/catalog/frunzenskaya]Проститутки метро Фрунзенская[/url]

    Balas

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat CR MOTOR

Jl. Rejowinangun Utara, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos : 56127

Hubungi Kami:

Sms / Whatshapp / Call : 081575877796

Social Media : @crmotor.id

Email : crmotorii@gmail.com

 

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja