fbpx
Beranda » INFO OTOMOTIF » KENAPA SIH PIRINGAN CAKRAM DIBUAT BERLUBANG?

KENAPA SIH PIRINGAN CAKRAM DIBUAT BERLUBANG?

Diposting pada 9 Juli 2021 oleh admin | Dilihat: 188 kali | Kategori: ,

Sepeda motor yang dilengkapi dengan piringan rem cakram bukan lah hal yang baru. Bahkan demi menunjang keamanan, kini sepeda motor dilengkapi dengan rem cakram pada bagian depan dan belakang.

Secara fungsinya, rem cakram lebih baik performanya ketika menghentikan laju kendaraan dibandingkan rem tromol. Oleh karena itu motor-motor kekinian biasanya sudah dilengkapi sistem pengereman cakram. Rem ini punya komponen utama yang terdiri dari piringan cakram dan kaliper rem yang berisi piston serta kampas. Pada piringan rem, biasanya terdapat lubang yang jumlah lebih dari satu dan modelnya pun beragam.

 

Pengereman yang dilakukan secara berulang-ulang membuat terjadinya gesekan antara kampas dan permukaan piringan cakram menjadi panas. Agar cepat melepas panas, maka dibuat lubang-lubang yang berfungsi seperti saluran pembuangan.

Pada dasarnya, diameter piringan dan lebar kampas yang semakin besar punya performa pengereman yang semakin pakem. Menurut Slamet, diameter, bentuk dan cakram rem sudah didesain dan disesuaikan dengan besaran tenaga masing-masing motor.

1. Bukan sekedar aksesori

Kalau kamu perhatikan, piringan cakram tersebut terbuat dari logam. Piringan inilah yang bergesekan langsung dengan kanvas rem.

Gesekan dengan kanvas tersebut akan menyebabkan piringan cakram menjadi panas. Nah, lubang-lubang pada piringan cakram itu berfungsi mengurangi hawa panas.

Jadi lubang-lubang itu bukan sekadar pemanis mata, ya!

2. Lubang piringan cakram juga berfungsi menghalau kotoran

Selain mengurangi hawa panas, lubang-lubang pada piringan cakram juga berfungsi sebagai penghalau kotoran.

Jadi, ketika tuas rem ditekan kampas akan menjepit piringan dan akan menyisakan debu atau kotoran. Nah, lubang itu tadi sebagai media atau jalur keluarnya kotoran tersebut. Sebab, jika kotoran mengendap akan menimbulkan suara bising atau bisa saja mengurangi performa pengereman.

3. Membuat piringan cakram menjadi lebih ringan

Fungsi lain lubang-lubang pada piringan cakram lainnya adalah meringankan bobot piringan itu sendiri.

Meski lubang-lubang tersebut tidak secara signifikan mengurangi bobot motor, namun setidaknya tidak menambah barat.

Nah, kemudian piringan cakram bukan hanya dibuat dari bahan besi saja. Umumnya piringan cakram dicampur dengan bahan semacam stainless agar struktur cakram lebih kuat dan tidak cepat berkarat.

Kalau artikel ini bermanfaat jangan lupa like, komen dan share ke teman-teman kamu ya! Bisa juga langsung kunjungi marketplace atau sosial media kami di instagram @crmotorid atau @crmotor.id.

 

Salam Hangat,

CR MOTOR

Bagikan

KENAPA SIH PIRINGAN CAKRAM DIBUAT BERLUBANG? | CR MOTOR

Komentar (1)
  • bfftxOmisk

    Питомцы заслуживают лучшего, и в интернет-магазине на странице https://hvostik.market знают об этом. На сайте можно заказать качественные товары для домашних животных – для собак, кошек, грызунов, рыбок, птичек и рептилий. В каталоге можно найти большое разнообразие товаров лучших брендов, производящих товары для любимцев. Для удобства все товары были поделены на тематические разделы. Также на сайте есть информация о том, как оформить доставку и оплатить покупку. Есть и возможность самостоятельно забрать свой со склада, если это будет удобнее.

    Balas

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat CR MOTOR

Jl. Rejowinangun Utara, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos : 56127

Hubungi Kami:

Sms / Whatshapp / Call : 081575877796

Social Media : @crmotor.id

Email : crmotorii@gmail.com

 

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja