fbpx
Beranda » INFO OTOMOTIF » Berapakah Jarak Tempuh Maksimal Berkendara Motor?

Berapakah Jarak Tempuh Maksimal Berkendara Motor?

Diposting pada 21 Januari 2022 oleh admin | Dilihat: 120 kali | Kategori:

Berbicara tentang jarak tempuh ideal ketika berkendara dengan motor. Sebenarnya tidak ada jawaban yang benar-benar pas, kecuali kata sesuai dengan kondisi. Pengendara sepeda motor memiliki faktor lain yang dapat dipertimbangkan saat melakukan perjalanan jauh seperti kondisi sepeda motor dan kondisi fisik.

Kedua faktor tersebut dapat menjadi penentu jarak tempuh maksimal yang bisa digunakan bagi pengendara sepeda motor. Tidak ada batasan tertentu. Namun, umumnya kita harus selalu berhenti berkendara dan mengistirahatkan motor minimal 3 jam setelah berkendara, berhenti sejenak 3 sampai 10 menit untuk mendinginkan mesin dan mengistirahatkan kondisi tubuh.

Dalam waktu 3 jam itu, biasanya dalam kecepatan normal kita sudah menempuh jarak sekitar 100 km. Jadi, paling tidak setiap 100 km kita berhenti sejenak. Selain itu dianjurkan pula kita berkendara maksimal selama 8 jam. Dalam artian, setelah kita melakukan perjalanan seharian dalam waktu 8 jam maka kita perlu istirahat penuh.

Selain kondisi fisik yang harus diperhatikan, kondisi kendaraan juga perlu diperhatikan. Dalam hal ini sepeda motor perlu dilakukan perawatan setelah melakukan perjalanan jauh, misalnya setelah itu, sepeda motor perlu pergantian oli di jarak 2.000 sampai 3.500 km tergantung dari kendaraan masing – masing.

Karena itu, pengendara harus selalu mengecek kondsi oli mesin pada sepeda motornya agar motor tetap dalam kondisi prima. Selain itu, setelah berkendara jarak jauh kondisi rem dan ban juga perlu di cek. Karena pada saat berkendara dalam waktu lama, penggunaan rem akan sering digunakan dan ban terus melaju dalam waktu yang lama. Dan bagi sepeda motor yang masih menggunakan teknologi tromol utamanya, mengalami panas berlebih di komponennya. Beberapa komponen yang perlu dicek yaitu:

Oli

  • Gantilah oli setiap menempuh perjalanan sejauh 2.000-3.500 kilometer. Namun, jarak ini bukanlah acuan pasti bagi setiap motor. Bisa mengikuti rekomendasi dari pabrikan.

Rem

  • Seiring penggunaannya dalam waktu lama, rem juga harus dicek. Jangan sampai ketika hendak bepergian, rem ternyata keras atau malah blong.
  • Selain itu, waspadai juga panas berlebihan pada tromol, bagi motor yang masih menggunakan teknologi ini.

Ban

  • Seperti halnya rem, ban juga tak boleh luput dari perhatian. Jika sudah mulai sedikit botak, ada baiknya mengganti dengan yang baru, demi keamanan dan keselamatan saat berkendara.

Kalau artikel ini bermanfaat jangan lupa like, komen dan share ke teman-teman kamu ya! Bisa juga langsung kunjungi marketplace atau sosial media kami di instagram @crmotorid atau @crmotor.id.

 

Salam Hangat,

CR MOTOR

 

Sumber referensi:

https://www.wahanahonda.com/blog/berapa-jarak-tempuh-maksimal-sekali-berkendara-dengan-motor

https://www.suara.com/otomotif/2021/10/19/141000/pakai-sepeda-motor-berapakah-sebaiknya-jarak-tempuh-maksimal-sekali-berkendara

https://www.astramotor.co.id/jarak-tempuh-yang-aman-ketika-berkendara-motor/

Bagikan

Berapakah Jarak Tempuh Maksimal Berkendara Motor? | CR MOTOR

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat CR MOTOR

Jl. Rejowinangun Utara, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos : 56127

Hubungi Kami:

Sms / Whatshapp / Call : 081575877796

Social Media : @crmotor.id

Email : crmotorii@gmail.com

 

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja