fbpx
Beranda » INFO OTOMOTIF » Benarkah Motor Habis Kehujanan Harus Langsung Dicuci?

Benarkah Motor Habis Kehujanan Harus Langsung Dicuci?

Diposting pada 20 Mei 2022 oleh admin | Dilihat: 38 kali | Kategori:

Musim hujan seperti sekarang ini memang bisa bikin body motor lebih cepat kotor. Lalu apakah motor yang terkena hujan harus segera dicuci menggunakan air bersih dan sabun? Sebetulnya tidak harus langsung dicuci pakai air sabun, apalagi jika kondisinya tidak terlalu kotor. Tapi disarankan untuk membilas motor yang terkena air hujan pakai air bersih saja. Karena air hujan yang menempel di body bisa mengakibatkan water spot.

Water spot ini lama kelamaan akan muncul jamur dan dalam jangka panjang akan merusak cat body. Jadi kalau memang motor terkena hujan paling diutamakan adalah membilasnya dengan air bersih lalu dikeringkan pakai kain microfiber. Perlu diingat setelah motor terkena air hujan jangan lakukan hal-hal berikut ini:

  1. Mencuci motor saat mesin masih panas

Karena alasan waktu, pemilik biasanya tak memperhatikan kondisi mesin saat dicuci. Perlu diketahui, mesin motor yang masih panas tidak boleh langsung dicuci. Hal ini karena kondisi mesin yang panas dan langsung terkena air akan membuat kerusakan pada blok mesin dan pangkal knalpot.

Dalam hukum Fisika, jika besi atau logam dalam keadaan panas akan memuai. Oleh karena itu, saat mesin panas dan langsung disiram air, proses pendinginan paksa akan membuat logam melakukan reaksi berlebih, sehingga bisa saja menyebabkan keretakan.

  1. Langsung membersihkan bodi

Hal yang satu ini jelas tidak boleh dilakukan. Mencuci langsung pada bagian bodi berisiko membuat permukaan bodi tergores.Setelah motor dipakai kerap kali ada pasir-pasir lembut yang menempel pada bodi saat dicuci, sehingga goresan mungkin saja terjadi.

Cara terbaik saat mencuci, yakni dengan menyemprotkan air terlebih dahulu pada bagian kaki-kaki sepeda motor, ban, spakbor, pelek, dan bodi sektor bawah.

  1. Menyemprot rantai dengan air bertekanan

Jangan pernah menyemprotkan air bertekanan langsung ke arah rantai. Hal ini dapat menyebabkan pelumas yang melapisi rantai rontok, sehingga mengurangi performa. Selain itu, air juga berisiko menimbulkan karat, sehingga sangat mungkin membuat rantai mudah putus.

Cara tepat membersihkan rantai, yaitu dengan mencampur sabun cuci anti minyak yang dicampurkan dengan bensin. Percikkan ke rantai, kemudian sikat dengan sikat gigi secara merata. Setelah itu lap rantai menggunakan kain hingga air yang terkandung benar-benar kering dan berikan pelumas rantai hingga merata.

 

  1. Menyiram mesin dengan air secara berlebihan

Tidak bisa dipungkiri kadang kala mesin motor juga terlihat kotor. Namun perlu diingat, komponen mesin adalah bagian motor paling sensitif dengan air.

Karena saat air masuk ke sistem pengapian justru akan membuat mesin motor mengalami kendala dan mogok. Oleh karena itu, bersihkan mesin dengan air secukupnya agar sistem pengapian motor tetap terjaga.

Kalau artikel ini bermanfaat jangan lupa like, komen dan share ke teman-teman kamu ya! Kunjungi juga marketplace atau sosial media kami di instagram @crmotorid atau @crmotor.id.

 

Salam Hangat,

CR MOTOR

 

Sumber referensi:

https://www.gridoto.com/read/223091150/benarkah-motor-yang-terkena-air-hujan-harus-langsung-dicuci-begini-faktanya#:~:text=Jadi%20kalau%20memang%20motor%20terkena,lalu%20dikeringkan%20pakai%20kain%20microfiber.

https://www.liputan6.com/otomotif/read/4145915/cuci-motor-setelah-terkena-hujan-jangan-lakukan-4-hal-ini

Bagikan

Benarkah Motor Habis Kehujanan Harus Langsung Dicuci? | CR MOTOR

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat CR MOTOR

Jl. Rejowinangun Utara, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos : 56127

Hubungi Kami:

Sms / Whatshapp / Call : 081575877796

Social Media : @crmotor.id

Email : crmotorii@gmail.com

 

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja