fbpx
Beranda » INFO OTOMOTIF » Benarkah Berkendara Saat Hujan Harus Kurangi Tekanan Ban?

Benarkah Berkendara Saat Hujan Harus Kurangi Tekanan Ban?

Diposting pada 5 November 2021 oleh admin | Dilihat: 92 kali | Kategori:

Ban menjadi komponen penting pada sepeda motor dan menjadi satu-satunya yang bersentuhan dengan permukaan jalan. Tekanan angin ban motor menjadi salah satu bagian vital yang harus diperhatikan oleh setiap pengendara sebelum jalan. Dikarenakan kalau tekanannya tidak pas bisa menyebabkan berkendara tidak nyaman, menyebabkan kerusakan pada ban, kerusakan pada velg, hingga bisa menyebabkan laka lantas yang mengancam keselamatan.

Nah, berbicara mengenai musim hujan pengendara motor harus lebih berhati-hati saat berkendara. Banyak orang mengatakan, saat musim hujan sebaiknya pengendara motor tidak mengisi tekanan angin terlalu tinggi pada kendaraan, untuk mencegah kecelakaan di jalan. Tapi benarkah demikian?Dalam buku panduan atau manual book, tertera dengan jelas informasi lengkap mengenai kendaraan yang dimiliki, tak terkecuali panduan mengenai tekanan angin pada ban kendaraan.

Untuk tekanan ban motor matic yang disarankan yakni berkisar 28 – 30 psi untuk ban depan, sedangkan ban belakang sekitar 31 – 33 psi. Ketika kurang dari tekanan tersebut, sudah seharusnya pengendara melakukan penambahan tekanan angin di tempat yang dipercaya. Selain untuk menghindari resiko kecelakaan, juga demi menjaga keawetan dari ban itu sendiri.

Dan ketika hujan turun membasahi atau bahkan membanjiri aspal sekalipun, pengendara tidak perlu melakukan pengurangan tekanan angin ban. Adanya pengurangan tekanan angin ban ketika hujan, memang tapak permukaan ban yang menempel di aspal bisa lebih besar, dan itu bisa menambah daya cengkramannya saat berkendara. Namun, hal semacam itu juga beresiko, dimana ketika pengendara melakukan manuver dalam kecepatan tinggi, akan lebih mudah tergelincir dalam keadaan seperti itu (permukaan ban lebih rata antara tengah, kanan, dan kiri).

Jadi alangkah lebih baik jika pengendara tetap memberikan tekanan angin ban yang stabil pada kendaraan bermotor miliknya. Entah itu dalam keadaan panas terik, cerah, ataupun saat hujan turun sekalipun. Masalah cengkraman ban pada saat jalanan basah, itu sudah bisa diatasi dengan adanya batik pada ban untuk mencegah motor tergelincir ketika melakukan belokan ataupun pengereman. Sehingga ketika musim hujan, lebih direkomendasikan untuk memperhatikan tingkat kedalaman batik ban, ketimbang harus mengurangi tekanan anginnya.

Pastikan juga untuk tidak berkendara dalam kecepatan tinggi saat melewati jalanan yang basah, licin atau saat sedang turun hujan. Berkendaralah dengan kecepatan standar dan memperhatikan kondisi jalanan sekitar. Selain itu, jika tak mau repot-repot mengurangi tekanan angin ban motor setiap kali akan berkendara di musim hujan, Anda bisa mengganti ban motor dengan jenis dual purpose. Ban jenis ini dapat digunakan untuk berkendara di medan on road maupun off road.

Kalau artikel ini bermanfaat jangan lupa like, komen dan share ke teman-teman kamu ya! Bisa juga langsung kunjungi marketplace atau sosial media kami di instagram @crmotorid atau @crmotor.id.

 

Salam Hangat,

CR MOTOR

Bagikan

Benarkah Berkendara Saat Hujan Harus Kurangi Tekanan Ban? | CR MOTOR

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat CR MOTOR

Jl. Rejowinangun Utara, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos : 56127

Hubungi Kami:

Sms / Whatshapp / Call : 081575877796

Social Media : @crmotor.id

Email : crmotorii@gmail.com

 

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja