fbpx
Beranda » INFO OTOMOTIF » Awas! Ini Penyebab Suara Knalpot Nembak-Nembak!

Awas! Ini Penyebab Suara Knalpot Nembak-Nembak!

Diposting pada 15 Oktober 2021 oleh admin | Dilihat: 83 kali | Kategori:

Gejala atau suara nembak dari knalpot ini biasanya terjadi setelah selongsong gas motor dilepas. Mulai dari kesalahan setting hingga kerusakan komponen ternyata bisa menjadi sebab terjadinya knalpot nembak. Knalpot nembak yang dimaksud di sini sebenarnya hanya melalui bunyi yang seperti ledakan. Jika umumnya knalpot berbunyi perlahan saat motor dikendarai, nah ada kalanya komponen yang satu ini berbunyi seperti meletup-letup.

Nah, masalah knalpot meledak ini seringkali ditemui pada kendaraan yang melakukan modifikasi secara ekstrem. Namun tidak menutup kemungkinan juga motor yang tak dimodifikasi juga bisa mengalaminya. Peristiwa ini jika diteruskan dan tidak segera diatasi dapat mempengaruhi pengalamanmu dalam berkendara. Selain lebih berisik dan membuat tidak nyaman, knalpot yang meledak juga dapat mempengaruhi kinerja dari bagian motor yang lain.

Maka dari itu penting untuk segera mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya. Pada artikel berikut, kami akan mengajak kamu mengetahui apa saja penyebab yang membuat sebuah knalpot meledak. Penasaran? Simak lengkap artikelnya berikut ini, ya!

  1. Tutup choke yang terbuka atau lupa ditutup

Hal yang satu ini terbilang sangat sepele namun bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya bunyi ledakan pada knalpot motormu. Seringkali seorang pengendara motor lupa menutup kembali choke yang sebelumnya telah mereka buka. Alhasil, ini menyebabkan aliran bensin yang masuk ke ruang bakar cukup banyak.

Akibatnya, proses pembakaran pun tak terjadi dengan sempurna. Nah, saat kamu menarik tuas gas ini akan menimbulkan bunyi seperti ledakan pada knalpot. Jika sudah demikian, motor kamu pun akan mengalami penurunan performa mesin atau bahkan mogok saat itu juga.

  1. Busi yang bermasalah

Busi merupakan komponen kecil yang memiliki peran besar dalam sebuah kendaraan. Ia bertugas memantik api dalam proses pembakaran. Nah, jika busi yang seharusnya memantik api ini tak berfungsi maksimal, ia dapat menimbulkan berbagai macam masalah.

Salah satunya adalah bunyi ledakan yang muncul pada knalpot saat motor dikendarai. Sama seperti poin pertama, kondisi ini juga dapat menyebabkan mesin motor mati saat itu juga.

Nah, yang menyebabkan busi tidak bekerja secara maksimal ini beragam. Salah satunya adalah busi yang sudah berkerak atau kotor. Maka dari itu, kamu harus membersihkannya secara berkala.

Selain itu, busi yang sudah habis masa pakainya juga dapat menyebabkan kinerjanya tak maksimal lagi. Solusinya kamu harus mengganti dengan yang baru agar proses pembakaran kembali normal.

  1. Saluran udara ke mesin yang terkendala

Masih berhubungan dengan poin yang sebelumnya, ledakan yang terjadi pada knalpot juga dapat dipicu oleh saluran udara ke mesin yang terkendala. Mengingat udara sangat diperlukan dalam proses pembakaran, maka jika kapasitas udara yang masuk tidak sesuai hal ini juga akan mempengaruhi hasil dari pembakaran tersebut.

Kamu bisa mendeteksinya lewat suara ledakan yang terjadi saat RPM kendaraan rendah. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan secara rutin bagian karburator dan sekitarnya.

  1. Karburator yang aus dan minta ganti

Tak perlu diragukan lagi, motor yang menggunakan karburator jenis vakum cenderung memiliki proses pembakaran yang lebih baik. Jenis karburator ini seringkali digunakan pada motor-motor non injeksi.

Nah, hal ini dipengaruhi oleh kemampuan buka tutup klep pada bagian karburator tersebut yang berbahan dasar karet. Sayangnya, karena terbuat dari karet komponen yang satu ini dapat mengeras jika terlalu lama bersentuhan dengan bahan bakar. Ia pun perlahan akan menjadi aus dan tidak layak digunakan. Faktor yang satu ini juga dapat menyebabkan terjadinya suara ledakan saat tuas gas motor tengah ditarik berkendara.

  1. Knalpot yang bocor

Terakhir yang menjadi penyebab knalpot meledak adalah bagian knalpot itu sendiri. Knalpot bocor sering menjadi faktor pemicunya. Maka dari itu, jika sudah mendengar bunyi yang berisik berasal dari knalpot motor, coba langsung cek bagaimana kondisinya.

Jika memang terbukti bocor, Anda bisa memperbaikinya dengan menggunakan lem besi atau dengan menambalnya menggunakan plastic steel maupun seal tape aluminium. Kalau artikel ini bermanfaat jangan lupa like, komen dan share ke teman-teman kamu ya! Bisa juga langsung kunjungi marketplace atau sosial media kami di instagram @crmotorid atau @crmotor.id.

 

Salam Hangat,

CR MOTOR

Bagikan

Awas! Ini Penyebab Suara Knalpot Nembak-Nembak! | CR MOTOR

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat CR MOTOR

Jl. Rejowinangun Utara, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos : 56127

Hubungi Kami:

Sms / Whatshapp / Call : 081575877796

Social Media : @crmotor.id

Email : crmotorii@gmail.com

 

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja