fbpx
Beranda » INFO OTOMOTIF » Apa Itu Komponen Fast Moving Pada Motor? Yuk Kenali!

Apa Itu Komponen Fast Moving Pada Motor? Yuk Kenali!

Diposting pada 25 Juni 2021 oleh admin | Dilihat: 30 kali | Kategori: ,

Masih ada enggak bikers yang belum tahu partpart fast moving di tunggangannya?

Pasti ada dong, secara pemakai motor terus tumbuh dan diantara mereka ada yang belum memiliki pengetahuan ini.

Sepeda motor umumnya memiliki beberapa suku cadang yang harus sering cepat diganti. Suku cadang itu biasa disebut dengan komponen fast moving karena punya sifat bisa habis masa pakainya, karena jarak tempuh atau waktu kepemilikan. Komponen motor yang masuk kategori fast moving, antara lain busi, kampas rem, dan filter udara. Ketiganya merupakan suku cadang yang dinilai tidak memilik masa pakai yang lama.

Caranya dengan rutin melakukan servis berkala setiap pemakaian 2.000 kilometer. Karena saat servis berkala, nantinya mekanik akan mengecek seluruh bagain motor dan merekomendasikan pergantian suku cadang yang sudah layak untuk diganti. Berikut daftar suku cadang fast moving sepeda motor berikut jadwal penggantiannya: 1. Busi = Setiap 6.000 kilometer berikut kelipatannya. 2. Filter oli = Setiap 9.000 kilometer dan

Contoh kecil part fast moving di motor seperti busi, kampas remfilter oli, gear seat, atau van belt pada skutik. Komponen-komponen fast moving memiliki usia pakai yang cenderung singkat dan biasanya bengkel resmi atau umum selalu menyiapkan stoknya, sehingga konsumen tak perlu inden.

Pertama busi. Komponen pemercik api di ruang bakar ini wajib diganti setiap 7.000-8.000 km sekali. Bahkan pabrikan busi seperti NGK, menyarankan jadwal penggantian yang lebih cepat, yakni setiap 6.000 km sekali. Dengan mengganti busi motor secara rutin, mencegah timbulnya polusi lebih banyak akibat pembakaran yang tidak sempurna.

Selanjutnya, menurut rekomendasi pabrikan motor, kampas rem wajib diganti setiap interval 12.000 km sekali. Tapi dalam prakteknya, biasanya kampas rem bisa lebih cepat diganti dari waktu yang disarankan. Apalagi jika rem motor sering dipakai hardbrake.

Lalu untuk oli mesin, pabrikan merekomendasikan untuk diganti setiap interval 4.000 km sekali.

Dan filter olinya, setiap kelipatan 9.000 km. Sama dengan filter oli, filter udara juga wajib diganti setiap 9.000 km sekali, supaya ruang bakar mendapat asupan udara yang bersih.

Sedangkan untuk penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang alias gear set, wajib diganti setiap kelipatan 15.000 km hingga 18.000 km. Pada motor sport dan motor bebek, gear set wajib diganti setiap interval km tersebut agar performa motor tetap oke.

Jika rantai dan gear motor telat diganti, efeknya motor bisa jadi boros bahan bakar, timbul suara kasar dari area gear seat, dan jika kondisi kendurnya terus dibiarkan, bisa bikin bahaya karena rantai bisa putus sewaktu-waktu. Sedang untuk motor matik, van belt atau v-belt wajib diganti setiap 25.000 km sekali.

Terakhir, untuk kampas kopling (motor manual), harus diganti setiap 24.000 km sekali atau menyesuaikan tingkat keausannya. Salah satu ciri kampas kopling aus, gigi gampang selip ketika mengoper persneling.

Kalau artikel ini bermanfaat jangan lupa like, komen dan share ke teman-teman kamu ya! Bisa juga langsung kunjungi

 

Salam Hangat,

CR MOTOR

Bagikan

Apa Itu Komponen Fast Moving Pada Motor? Yuk Kenali! | CR MOTOR

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Alamat CR MOTOR

Jl. Rejowinangun Utara, Magelang Tengah, Kota Magelang

Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos : 56127

Hubungi Kami:

Sms / Whatshapp / Call : 081575877796

Social Media : @crmotor.id

Email : crmotorii@gmail.com

 

Chat via Whatsapp
Admin 1
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin 1
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja